Selasa, 28 Februari 2017

Stop Obsesi Tubuh Kurus Guna Mencegah Munculnya Anoreksia Nervosa

IDSehatHerbal - Setiap orang mendambakan tubuh yang ideal, namun tubuh yang ideal bukan berarti tubuh yang kurus. Sebagian orang mengganggap kurus adalah hal yang bagus. Bahkan, bisa jadi hal tersebut menjadi satu obsesi memiliki tubuh kurus. Ini adalah hal yang salah ketika nantinya menjadi sebuah obsesi. Obsesi yang sangat berlebih karena ingin kurus inilah yang dinamakan anoreksia nervosa.

Mereka yang mengidap anoreksia nervosa sangat obsesi memiliki tubuh kurus. Gemuk merupakan hal yang sangat mereka takuti, saking takutnya mereka akan menganggap tubuhnya kurang kurus atau masih tetap terlihat gemuk, meskipun kenyataannya tidak begitu.



Usia remaja hingga rentang wanita dewasa mayoritas mengidap masalah ini. Tetapi, pada usia remajalah yang sangat sensitif, sebagai pengidap anoreksia. Hingga persentase kemunculannya berada pada level teratas.

Gejala Penyakit anoreksia nervosa

Tentunya penderita anoreksia nervosa tidak menyadari apa yang dia lakukan, dan jelas tidak mungkin mereka akan terbuka untuk bercerita, mereka berfikir harus memiliki tubuh kurus . Namun demikian kita dapat mengetahui dari gejala berikut ini :
  • Pada umumnya mereka mengalami penurunan berat badan mereka secara drastis, dan tampak sangat kurus.
  • Selalu memperhatikan bentuk tubuh di depan cermin, penderita sering kali melakukan hal ini hingga berulang-ulang.
  • Sangat memperhitungkan jumlah kalori, gula dan lemak pada makanan yang mereka konsumsi.
  • Sering kali menahan lapar atau berbohong jika ada yang bertanya apakah sudah makan.
  • Berolahraga berlebihan.
  • Suka mengkonsumsi suplemen penekan nafsu makan.
  • Mengkonsumsi obat pencahar.
Sebetulnya anoreksia bukan hanya masalah obsesi memiliki tubuh kurus, ada keterkaitannya dengan kejiwaan lainnya, seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, alkohol,depresi, atau merasa rendah diri.

Obsesi memiliki tubuh kurus seperti ini akan menimbulkan banyak sekali masalah kesehatan lainnya. Tentu kita idak bisa membiarkan ini begitu saja sebelum menjadi masalah yang sangat serius. Beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan anoreksia antara lain :
  • Rambut akan menjadi rontok.
  • Penurunan tekanan darah dan tingkat pernafasan yang buruk.
  • Bisa mengakibatkan gagal jantung.
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Anemia.
  • Bahkan bisa menyebabkan kemandulan.
  • Ketidakseimbangan cairan elektrolit dalam tubuh.
  • Kematian akibat kurang gizi,dan masih banyak lagi masalah kesehatan yang akan ditimbulkan

Penyebab Munculnya Penyakit anoreksia nervosa

Penyebab kasus obsesi memiliki tubuh kurus ini masih belum ditemukan secara pasti. Sebagian besar para ahli dan spesialis percaya bahwa gangguan ini berasal dari berbagai faktor, diantaranya faktor lingkungan, genetika, biologis, serta adanya faktor psikologis.

Langkah Penanganan Penyakit Anoreksia

Anoreksia nervosa harus mendapatkan perhatian khusus, harus ditangani sedini mungkin agar peluang sembuhnya semakin besar. Tujuannya untuk mengubah cara pandang mereka tentang obsesi memiliki tubuh kurus. Pengidap anoreksia yang sudah sangat parah perlu adanya penanganan medis. Perawatan di rumah sakit akan mengembalikan pola hidup mereka yang salah.

Selain itu mereka juga akan berusaha mengembalikan bentuk tubuh menjadi ideal kembali. Pengobatan anoreksia tidak dapat dilakukan secara cepat. Untuk pulih sepenuhnya, bisa membutuhkan waktu sangat lama. Saat masa pengobatan bisa saja pasien kambuh karena pasien ada obsesi memiliki tubuh kurus.

Pencegahan Penyakit anoreksia nervosa

Penyakit Anoreksia nervosa memang tidak bisa dicegah sepenuhnya. Melalui pendidikan sejak dini bisa menjadi pengaruh terbesar. Pendidikan tentang pola makan sehat, pola hidup sehat. Tidak harus ada obsesi memiliki tubuh kurus untuk mendapatkan tubuh ideal, pengertian itu harus kita tanamkan. Apabila di dalam keluarga kita ada yang mulai menunjukkan tanda-tanda gejala anoreksia nervosa, segera mungkin periksakan ke dokter untuk mencegah kondisi bertambah buruk.

This Is The Oldest Page

Temukan Info Kesehatan Herbal Disini, Jika memiliki pertanyaan terkait posting ini jangan ragu memberikan komentar anda.
- Dilarang Promosi
- Dilarang Spamming
- Dilarang Berkomentar Kasar
EmoticonEmoticon